PENGARUH KEPEDULIAN ORANG TUA TERHADAP SEMANGAT BELAJAR ANAK



BAB I PENDAHULUAN
Orang tua  mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan belajar anak. Orang tua memotivasi dalam mengembangkan potensi anak agar dapat berkembang seoptimal mungkin, sehingga menjadi anak yang mempunyai kemampuan berpikir dengan menggunakan daya akal dan pikirannya dengan penuh tanggung jawab dan dapat tercipta anak yang berkualitas seperti menumbuhkan sikap kedisiplinan belajar, meningkatkan prestasi belajar dan bertingkah laku baik sesuai dengan norma. Tetapi pada kenyataanya banyak orang tua yang tidak memperdulikan masalah pendidikan anaknya. Sehingga banyak anak yang malas belajar, bandel dan ugal-ugalan, bahkan banyak yang mulai masuk ke obat-obatan terlarang. Disini pemakalah ingin menjelaskan bagaimana besar pengaruh perhatian orang tua tersebut terhadap semangat belajar anak.
BAB II PEMBAHASAN
Motivasi adalah kondisi psikologis yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu dari pengertian tersebut maka dapat di artikan bahwa motivasi adalah keinginan seseorang untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu demi pencapaian suatu tujuan. Orang tua adalah ayah dan ibu kandung. Dengan demikian bahwa orang tua adalah orang yang memegang peranan penting dan amat berpengaruh atas pendidikan anak-anaknya. Dari uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa motivasi orang tua adalah usaha orang tua untuk memberikan dorongan guna meningkatkan tingkat pendidikan.
Adapun berbagai bentuk motivasi yang di berikan orang tua dalam menunjang keberhasilan anak dalam belajar antara lain :
a. Pemberian Bimbingan
Bimbingan adalah proses bantuan yang di berikan kepada seseorang agar mampu memperkembangkan potensi (bakat, minat dan kemampuan ) yang di miliki, mengenali dirinya sendiri, mengatasi persoalan-persoalan sehingga mereka dapat menentukan sendiri jalan hidupnya secara bertanggung jawab tanpa bergantung kepada orang lain.
b. Penyediaan Fasilitas Belajar
Fasilitas merupakan sarana dan prasarana pendukung terjadinya proses belajar. oleh sebab itu motivasi yang tidak kalah pentingnya dalam belajar adalah kelengkapan fasilitas belajar, kelengkapan fasilitas belajar yang di berikan oleh orang tua akan menjadi anak semakin giat dalam belajar dan memudahkan ia belajar dengan begitu kecakapan anak dalam belajar akan terwujud.
c. Pemberian Hukuman
Hukuman adalah ”hadiah bagi perilaku negatif anak” hukuman yang di berikan oleh orang tua terhadap anak memiliki maksud dan tujuan supaya anak tidak mengulangi lagi kesalahan-kesalahan yang di buatnya.
d. Perhatian dan Pengawasan
Orang tua sebagai guru di lingkungan keluarga hendaknya selalu memberi motivasi dalam bentuk perhatian dan pengawasan, baik orang tua terhadap tingkah laku anak di rumah maupun lingkungan sekitarnya, demikian juga pada saat mereka belajar di rumah hendaknya orang tua selalu mengawasi dan memperhatikan terhadap hasil yang di capai anak dalam belajarnya.
e. Hadiah dan Pujian
Hadiah dan Pujian merupakan alat motivasi yang dapat menjadikan pedoman bagi anak untuk belajar lebih baik dan giat, dan hal ini bisa dikatakan sebagai ganjaran.
BAB III KESIMPULAN
Perhatian orang tua sangat di butuhkan untuk membuat anak semangat untuk belajar karena anak biasanya sering sekali mencontoh dari yang dilihat dan yang sering di dengar.maka dari itu orang tua harus bisa berbuat yng bijaksana dan perhatiaan sama anak,Dan orang tua harus bisa bersahabat sama anak biar mudah untuk memantau kondisi anak ,dengan cara menjadi teman dekat anak biasanya anak merasa nyaman dan asik .Orang tua juga harus bisa sabar menanggapi suatu perbuatan anak yang bandel,tidak boleh terlalu menekan anak,karena dengan di tekan anaknya maka si anak akan tambah menjadi kenakalannya,orang tua harus memberi kebebasan buat anak biar bisa menentukan yang baik dan yang buruk,orang tua bisa meningatakan aja jika yang dilakukan salah.dan jangan lupa orang tua bisa diajak pergi ketempat-tempat yang bisa mendidik anak. Orang tua harus bisa memberi perhatian yang lebih buat si anak. Pokoknya jangan lupa perhatikan si anak dengan khusus dan dengan rasa kasih sayang.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "PENGARUH KEPEDULIAN ORANG TUA TERHADAP SEMANGAT BELAJAR ANAK"

Posting Komentar