LAPORAN KEUANGAN (FINANCIAL STATEMENT)



1.      Pengertian dan Tujuan Laporan Keuangan
Laporan keuangan (financial statement) adalah output dan hasil akhir dari proses akuntansi terdiri dari laporan posisi keuangan, laporan kinerja dan laporan perubahan posisi keuangan sebuah perusahaan. Financial statement disusun perusahaan minimal satu kali dalam setahun.
Menurut Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dalam Standar Akuntansi Keuangan (SAK) tentang Kerangka Dasar Penyusunan Dan Penyajian Laporan Keuangan, tujuan financial statement antara lain:
a.       Tujuan laporn keuangan adalah menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, laporan kinerja dan perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan.
b.      Laporan keuangan yang disusun untuk tujuan ini memenuhi kebutuhan bersama sebagian besr pemakai.
c.       Laporan keuangan juga menunjukkan apa yang telah dilakukan oleh manajemen (stewardship), atau pertanggungjawaban manajemen atas sumberdaya yang dipercayakan kepadanya.

2.      Karakteristik Kualitatif Informasi Laporan Keuangan
Menurut IAI dalam SAK tentang Kerangka Dasar Penyusunan Dan Penyajian Laporan Keuangan: “karakteristik kualitatif merupakan ciri khas yang membuat informasi dalam laporan keuangan berguna bagi pemakai. Terdapat empat karekteristik kualitatif pokok yaitu dapat dipahami, relevan, andal dan dapat diperbandingkan”.
a.      Dapat dipahami (understandability)
Kualitas penting informasi yang ditampung dalam laporan keuangan adalah kemudahannya untuk segera dapat dipahami oleh pemakai. Pemakai diasumsikan memiliki pengetahuan yang memadai tentang aktivitas ekonomi dan bisnis, akuntansi, serta kemauan untuk mempelajari informasi dengan ketekunan yang wajar.
b.      Relevan (relevan)
Informasi memiliki kualitas relevan kalau dapat mempengaruhi keputusan ekonomi pemakai dengan membantu mereka mengevaluasi peristiwa masa lalu, masa kini dan masa depan, menegaskan atau mengoreksi, hasil evaluasi mereka di masa lalu.
c.       Keandalan (reliability)
Informasi memiliki kualitas andal jika bebas dari pengertian yang menyesatkan, kesalahan material, dapat diandalkan pemakainya sebagai penyajian yang tulus atau jujur (faithfull representation) dari yang seharusnya disajikan.
d.      Dapat diperbandingkan (comparability)
Pemakai harus dapat memperbandingkan laporan keuangan perusahaan antar periode untuk mengidentifikasikan kecenderungan (trend) posisi dan kinerja keuangan.
3.      Jenis-Jenis Laporan Keuangan serta Unsur-Unsurnya
Financial statement terdiri dari Neraca (balance sheet), Laporan Rugi Laba (income statement), Laporan Perubahan Modal (changes of capital statement) untuk perusahaan perorangan atau Laporan Perubahan Laba Ditahan (changes of retained earning statement) untuk perseroan terbatas dan Laporan Arus Kas (cashflow statement)”.
a.       Balance Sheet adalah laporan yang menyajikan posisi keuangan perusahaan pada suatu tanggal tertentu atau a moment of time sering disebut per tanggal tertentu, misalnya per 31 Desember 200X. Posisi yang digambarkan adalah posisi harta (assets), utang (liabilities)  dan modal (owner’s equity).
 Balance Sheet memiliki unsur-unsur:
1)      Harta atau Aktiva (Assets)
Menurut IAI dalam SAK tentang Kerangka Dasar Penyusunan Laporan Keuangan menyatakan: ”Aktiva adalah sumberdaya yang dikuasai oleh perusahaan sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan dari mana manfaat ekonomi di masa depan diharapkan akan diperoleh perusahaan”. Sedangkan menurut Sugiri dan Riyono (2001:23): “Aktiva adalah sumber-sumber ekonomik (economic resources) yang dikuasai oleh perusahaan dan masih memberikan kemanfaatan di masa yang akan datang.
Ada beberapa pengelompokkan asset, namun dalam mata kuliah ini yang dibahas hanya pengelompokkan asset sebagai aktiva lancar (current assets) dan aktiva tidak lancar atau aktiva tetap (fixed assets)
Current assets diurutkan berdasarkan tingkat likuiditasnya, seperti: kas (cash), piutang (account receivable), persediaan barang dagang (merchandise inventory), perlengkapan (supplies), beban dibayar dimuka (prepaid expense), dan lain-lain. Sedangkan fixed assets diurutkan berdasarkan tingkat kekekalan atau jangka waktu umur aktiva tersebut, seperti: tanah (land), bangunan (building), Peralatan (equipment atau furniture)


2)      Utang atau Kewajiban (Liabilities)
Menurut IAI dalam SAK tentang Kerangka Dasar Penyusunan Laporan Keuangan menyatakan: ”Kewajiban adalah utang perusahaan masa kini yang timbul dari peristiwa masa lalu, penyelesainnya diharapkan mengakibatkan arus keluar dari sumberdaya perusahaan yang amengandung manfaat ekonomi. Sedangkan menurut Sugiri dan Riyono (2001:23): ”Utang merupakan pengorbanan –pengorbanan ekonomik (economic sacrifices) untuk menyerahkan aktiva atau jasa kepada entitas lain di masa yang akan datang”
Liabilities biasanya diurutkan berdasarkan jangka waktu pelunasan pembayarannya dapat dikelompokkan menjadi utang lancar atau utang jangka pendek (current liabilities/shortterm liabilities) dan utang jangka panjang (longterm liabilities)
Current liabilities/shortterm liabilities adalah utang yang jangka waktu pelunasan pembayarannya tidak lebih dari 1 (satu) tahun seperti: utang gaji (salaries payable) dan utang pajak (tax payable. Sedangkan longterm liabilities addalah utang yang jangka waktu pelunasan pembayarannya lebih dari 1 (satu) tahun seperti: utang obligasi (obligation) dan pinjaman  bank (bank loan) dan lain-lain
3)      Modal atau Ekuitas (Owner’s Equity/Stockholder’s Equity)
Menurut IAI dalam SAK tentang Kerangka Dasar Penyusunan Laporan Keuangan menyatakan: ”Ekuitas adalah hak residual atas aktiva setelah dikurangi semua kewajiban”. Sejalan dengan pendapat IAI, Sugiri dan Riyono (2001:23) juga menyatakan: “Modal pemilik adalah hak residual atas aktiva setelah dikurangi semua kewajiban. Mudahnya, modal atau modal pemilik adalah total aktiva dikurangi total utang”
Owner’s Equity untuk perusahaan perorangan langsung dengan menyebutkan nama pemilik seperti: Husna Capital, sedangkan untuk perseroan terbatas Stockholder’s Equity terdiri dari modal saham (capital stock) dan laba ditahan (retained earnings)

b.      Income Statement adalah laporan yang menyajikan seluruh pendapatan dan seluruh biaya atau beban untuk mendapatkan pendapatan, dan rugi atau laba perusahaan selama periode waktu tertentu.
Income Statement terdiri dari unsur-unsur pendapatan (revenue), beban (expenses), keuntungan  (gain) atau  kerugian (loses) serta laba bersih (net income/net profit) atau rugi bersih (net loses)
1)      Pendapatan (revenue)
Menurut IAI dalam SAK, Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.23 tentang pendapatan menyatakan ”Pendapatan adalah arus masuk bruto dari manfaat ekonomi yang timbul dari aktivitas normal perusahaan selama satu periode bila arus masuk itu mengakibatkan kenaikan ekuitas, yang tidak berasal dari kontribusi penanam modal. Sugiri dan Riyono (2001:34) menyatakan: “Pendapatan (revenue) adalah kenaikan aktiva atau penurunan kewajiban atau kontribusi keduanya sebagai akibat penyerahan produk perusahaan kepada para pelanggan”.
Revenue yang dimaksud di atas adalah pendapatan operasional (operating revenue) seperti penjualan (sales). Namun terkadang ada pendapatan lain di luar kegiatan utama perusahaan disebut (extraordinary revenue) seperti: pendapatan sewa (rent income) bagi perusahaan dagang
2)      Beban (expenses)
Menurut IAI dalam SAK tentang Kerangka Dasar Penyusunan Laporan Keuangan menyatakan: ”Beban (expense) adalah Penurunan manfaat ekonomi selama satu periode akuntansi dalam bentuk arus kas keluar atau berkurangnya aktiva atau terjadinya kewajiban yang mengakibatkan penurunan ekuitas yang tidak menyangkut pembagian kepada penanam modal”. Sugiri dan Riyono (2001:34) juga menyatakan: “Biaya merupakan kebalikan pendapatan. Yakni, biaya merupakan penurunan aktiva atau kenaikan kewajiban atau kombinasi keduanya sebagai akibat penyerahan produk perusahaan kepada pelanggan.”
Expense utama perusahaan dikelompokkan dalam beban operasi (operating expense) yang terdiri dari beban umum dan administrasi (general and administrative expense) dan beban penjualan (selling expense)
General and administrative expense seperti: beban gaji (salaries expense), beban perlengkapan kantor (office supplies expense), beban penyusutan (depreciation expense) dan lain-lain.
Selling expense seperti: beban gaji bagian penjualan (salaries expense of marketing dept), beban perlengkapan took (store supllies expense), beban iklan (advertising expense), dan lain-lain.
Selain operating expense ada harga pokok penjualan  (cost of good sold) dan beban di luar kegiatan utama perusahaan (extraordinary expense) seperti: beban bunga (interest expense)
3)      Keuntungan  (gain) atau  Kerugian (loses)
Menurut Financial Accounting Standar Board (FASB):
Gain adalah naiknya nilai equity dari transaski yang sifatnya insidentil dan bukan kegiatan utama entity dan dari transaksi lainnya yang mempengaruhi entity selama satu periode tertentu kecuali yang berasal dari hasil atau investasi dari pemilik”
Loses adalah turunnya equity dari transaski yang sifatnya insidentil dan bukan kegiatan utama entity dan dari transaksi lainnya yang mempengaruhi entity selama satu periode tertentu kecuali yang berasal dari biaya atau pemberian kepada pemilik pemilik (prive)
4)      Laba Bersih (net income/net profit) atau Rugi Bersih (net loses)
Menurut Committee on Terminology mendefinisikan net income / net loses sebagai : “Jumlah yang berasal dari pengurangan harga pokok penjualan, biaya lain, dan kerugian dari penghasilan atau pendapatan operasi”. Sedangakan menurut Accounting Principle Board mendefinisikan: ”Kelebihan (defisit) penghasilan di atas biaya selama satu periode akuntansi”.



c.       Changes of Capital Statement adalah laporan yang menyajikan perubahan modal pemilik selama periode waktu tertentu.
Changes of Capital Statement hanya ada pada perusahaan perorangan. Unsur-unsur Changes of Capital Statement antara lain:
1)      Modal Pemilik di awal periode biasanya 1 Jan (mis: Husna Capital, beginning)
2)      Tambahan Investasi Modal (additional of investment) selama periode tersebut.
3)      Net Income atau Net Loses selama periode tersebut
4)      Pengambilan Pribadi (Prive/Withdwalls) selama periode tersebut mis: Husna Prive
5)      Modal Pemilik di akhir periode biasanya 31 Des (mis: Husna Capital, ending)

d.      Changes of Retained Earning Statement adalah laporan yang menyajikan perubahan laba ditahan selama periode waktu tertentu.
Changes of Retained Earning Statement hanya ada pada peseroan terbatas. Unsur-unsur Changes of Retained Earning Statement antara lain:
1)      Retained Earning, beginning atau di awal periode biasanya 1 Jan
2)      Net Income atau Net Loses selama periode tersebut
3)      Pembagian Laba (Dividends) untuk periode tersebut
4)      Retained Earning, ending atau di akhir periode biasanya 31 Des

e.       Cashflow Statement adalah laporan yang menyajikan arus kas masuk dan arus kas keluar dari aktivitas operasi, aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan sebuah perusahaan.
Cashflow Statement bisanya memiliki unsur-unsur arus kas masuk (cash in flows) dan arus kas keluar (cash out flows) dari 3 (tiga) jenis aktivitas yaitu: aktivitas operasi (operating activities), aktivitas investasi (investing activities) dan aktivitas pendanaan (financing activities)

4.      Bentuk-Bentuk Laporan Keuangan
Adapun bentuk-bentuk penyajian dari jenis-jenis laporan keuangan di atas adalah sebagai berikut:
a.       Balance Sheet dapat disajikan dalam 3 (tiga) bentuk: yaitu Skontro atau T-Account Form, Satfell atau Report Form, dan Financial Position Form.

PT “XYZ”
Balance Sheet
Per Dec 31th 200X
 
Skontro atau T-Account Form



ASSETS

LIABILITIES & OWNER’S EQUITY

Current Assets:

Current /Shortterm Liabilities:

     Cash
xxx
     Account Payable
Xxx
     Account Receivable
xxx
     Salaries Payable
Xxx
     Merchandise Inventory
xxx
     Unearned Revenue
Xxx
     Prepaid Expense
xxx
Total Current/Shortterm Liabilities:
Xxx
     Supplies
xxx
 Longterm Liabilities:

Total Current Assets:
xxx
     Obligation
Xxx
Fixed Assets:

     Bank Loan
Xxx
     Land
xxx
Total Longterm Liabilities:
Xxx
     Buikding                          xxx

TOTAL LIABILITIES

Xxx
       Acc. Dep. of Building   (xxx)

 



xxx

Capital stock

Xxx
     Equipment                       xxx

Retained Earning


      Acc. Dep. of Equipment(xxx)

 



xxx

Xxx
Total Fixed Assets:
xxx

TOTAL STOCKHOLDER’S EQUITY

Xxx

TOTAL ASSETS

xxx

TOTAL LIABILITIES & STOCKHOLDER’S EQUITY

Xxx







Staffel atau Report Form
PT “XYZ”
Balance Sheet
Per Dec 31th 200X
 
 



ASSETS

Current Assets:

     Cash
xxx
     Account Receivable
xxx
     Merchandise Inventory
xxx
     Prepaid Expense
xxx
     Supplies
xxx
Total Current Assets:
xxx
Fixed Assets:

     Land
xxx
     Buikding                                                                   xxx

         Acc. Dep.of Building                                           (xxx)


xxx
     Equipment                                                                xxx

        Acc. Dep.of Equipment                                        (xxx)


xxx
Total Fixed Assets:
xxx

TOTAL ASSETS

xxx

LIABILITIES & OWNER’S EQUITY


Current /Shortterm Liabilities:

     Account Payable                                                       xxx

     Salaries Payable                                                       xxx

     Unearned Revenue                                                    xxx

Total Current/Shortterm Liabilities:
xxx
 Longterm Liabilities:

     Obligation                                                                 xxx

     Bank Loan                                                                 xxx

Total Longterm Liabilities:
xxx

TOTAL LIABILITIES

xxx

STOCKHOLDER’S EQUITY:


Capital stock                                                                  xxx


Retained Earning                                                          xxx


TOTAL STOCKHOLDER’S EQUITY

xxx

TOTAL LIABILITIES & STOCKHOLDER’S EQUITY

xxx



PT “XYZ”
Balance Sheet
Per Dec 31th 200X
 
Financial Position Form:



Current Assets:


     Cash
xxx

     Account Receivable
xxx

     Merchandise Inventory
xxx

     Prepaid Expense
xxx

     Supplies
xxx

Total Current Assets:

xxx
DIKURANGI:


Current /Shortterm Liabilities:


     Account Payable
xxx

     Salaries Payable
xxx

     Unearned Revenue
xxx

Total Current/Shortterm Liabilities:

(xxx)
Working Capital

xxx
DITAMBAH:


Fixed Assets:


     Land
xxx

     Buikding                                    xxx


         Acc. Dep. of Building           (xxx)



xxx

     Equipment                                  xxx


        Acc. Dep.of Building             (xxx)



xxx

Total Fixed Assets:

xxx
Working Capital + Fixed Assets

xxx
DIKURANGI:


 Longterm Liabilities:


     Obligation                                                          
xxx

     Bank Loan                                                        
xxx

Total Longterm Liabilities:

(xxx)
Total Stockholder’s Equity:

xxx
Total Stockholder’s Equty terdiri dari:


Capital stock

xxx

Retained Earning

xxx

Total Owner’s Equity


xxx



b.      Income Statement dapat sajikan dalam 2 (dua) bentuk: yaitu Single Step Form dan Multitiple Step Form.
PT “XYZ”
Income Statement
For the year ended Dec 31th 200X

 
Single Step Form:



REVENUE:

Sales                                                                                              xxx

     Sales Discount                                                              xxx

     Sales Return                                                                  xxx

     Freight out                                                                    xxx

                                                                                                     (xxx)

Net Sales:                                                                                      xxx

Extra Ordinary Revenue:  Rent Income                                      xxx

TOTAL REVENUE:
      xxx
EXPENSES:

Cost of Goog Sold:

     Merchandise Inventory, beginning:                                         xxx

     Purchases:                                                             xxx

     Freight in                                                               xxx

     PurchaseDiscount                                        xxx

     Purchase Return                                          xxx

                                                                                   (xxx)

     Net Purchases                                                                  xxx

     Avaiable for Sale                                                             xxx

    Merchandise Inventory, ending:                                     (xxx)

Cost of Goog Sold:                                                                        xxx

Operating Expenses:

    General and Administrative Expenses:

         Salaries Expense                                                   xxx

         Insurance Expense                                                xxx

         Office Supplies Expenss                                        xxx

         Depreciation Expense of Office Equipment          xxx

         Light, Water and Telp (Utility) Expense               xxx

         Others Expense                                                     xxx

    Total General and Administrative Expenses:                   xxx

    Selling Expenses:

         Salaries Expense of Marketing Dept                     xxx

         Store  Supplies Expense                                         xxx

         Advertising Expense                                              xxx

   Total Selling Expenses:                                                      xxx

Total Operating Expenses:                                                            xxx

Extra Ordinary Expense: Interest Expense                                  xxx

Tax                                                                                                  xxx

TOTAL EXPENSES
xxx
Net Income(Loss)
xxx

PT “XYZ”
Income Statement
For the year ended Dec 31th 200X

 
 Multiple Step Form:



Sales                                                                               
xxx
     Sales Discount                                                                  xxx

     Sales Return                                                                     xxx

     Freight out                                                                       xxx

                                                                                                    
(xxx)
Net Sales:                                                                      
xxx
Cost of Goog Sold:

     Merchandise Inventory, beginning:                                         xxx

     Purchases:                                                             xxx

     Freight in                                                               xxx

     PurchaseDiscount                                        xxx

     Purchase Return                                          xxx

                                                                                   (xxx)

     Net Purchases                                                                  xxx

     Avaiable for Sale                                                             xxx

    Merchandise Inventory, ending:                                     (xxx)

Cost of Goog Sold:                                                                        xxx
(xxx)
Gross Profit from Sales
xxx
Operating Expense:

Operating Expenses:

    General and Administrative Expenses:

         Salaries Expense                                                           xxx

         Insurance Expense                                                        xxx

         Office Supplies Expenss                                                xxx

         Depreciation Expense of Office Equipment                  xxx

         Light, Water and Telp (Utility) Expense                       xxx

         Others Expense                                                             xxx

    Total General and Administrative Expenses:                           xxx

    Selling Expenses:

         Salaries Expense of Marketing Dept                            xxx

         Store  Supplies Expense                                                xxx

         Advertising Expense                                                     xxx

   Total Selling Expenses:                                                              xxx

Total Operating Expenses:                                                           
(xxx)
Operating Income
xxx
Extra Ordinary:

       Rent Income                                                                            xxx

       InterestExpense                                                                     (xxx)

Net Extra Ordinary                                                                 
xxx
Income Before Tax
xxx
Tax
(xxx)
Net Income/Proft (NetLoses)
xxx

c.      
HUSNA “TAYLOR”

Changes of Capital Statement

For the year ended Dec 31th 200X

 
Changes of Capital Statement biasanya disajikan dalam bentuk sebagai berikut:



Husna Capital, Jan 1St 200X                                                                        
xxx
Add:

Additional investment                                                         xxx

Net Income/Net Profit                                                         xxx

                                                                                                     
xxx
Less:

Net Loses                                                                            (xxx)

Husna Prive/Withdrawalls                                                 (xxx)

                                                                                                     
(xxx)
Husna Capital, Dec 31th200X
xxx

d.     
PT “XYZ”

Changes of Retained Earnings Statement

For the year ended Dec 31th 200X

 
Changes of Retained Earning Statement biasanya disajikan dalam bentuk sebagai berikut:



Retained Earnings, Jan 1St 200X                                                                        
xxx
Add: Net Income/Net Profit                                                
xxx

xxx
Less: Dividends
         Net Loss
(xxx)
Retained Earnings, Dec 31th200X
xxx

e.       Cashflow Statement dapat disajikan dalam 2 (dua) bentuk yaitu dengan metode langsung (direct method) dan metode tidak langsung (indirect method)
1)      Direct Method
Dalam metode langsung, pelaporan arus kas dikelompokkan  ke dalam penerimaan kas dan pengeluaran kas dari kegiatan operasi secara lengkap (gross), dan baru dilanjutkan dengan kegiatan investasi dan pendanaan
2)      Indirect Method
Dalam metode tidak langsung net income diadjustmen dengan cara:
a).    Pengaruh transaksi yang masih belum direalisir (deferral) dari arus kas masuk dan keluar dari transaksi yang lalu seperti perubahan jumlah persediaan deferral income, arus kas masuk dan keluar yang accrued seperti piutang dan utang
b).    Pengaruh perkiraan yang terdapat dalam kelompok investasi dan pembiayaan yang tidak mempengaruhi kas seperti: penyusutan, amortisasi, rugi laba penjualan aktiva tetap, dan dari operasi yang dihentikan (berkaitan dengan kegiatan investasi), rugi laba pembatalan utang (transaksi pembiayaan)
Bentuk Cashflow Statement dengan Direct Method
PT “XYZ”

Cashfows Statement

For the year ended Dec 31th 200X

 
.


Cash flowsfrom operating activities:                                                                        


     Cash in flowss:


     Collection from costumer                                                        xxx


     Interest received on note receivable                                        xxx


     Dividends received on investment in stock                              xxx                                                                                             



xxx

     Cash out flows:


     Payment account payable to supplier                                      xxx


     Peyment salary expense                                                           xxx


     Payment interest expense                                                         xxx


     Payment income tax                                                                 xxx


    
(xxx)

     Net Cash Flows from operating activities

xxx
Cash flows from investing activities:                                                                         


     Cash in flowss:


     Receipts froms sale of fixed assets                                            xxx



xxx

     Cash out flows:


     Payment to purchae  fixed asset                                                xxx


     Acquisition on other compay                                                     xxx


Capital Expenditure                                                                   xxx



(xxx)

     Net Cash Flows from investing activities

xxx
Cash flows from fianancing activities:                                                                        


     Cash in flowss:


     Receipts froms issuance of commont stock                               xxx


     Receipts froms issuance of longterm debt                                 xxx                         



xxx

     Cash out flows:


     Payment longterm Debt                                                             xxx


     Payment of Dividendsy                                                              xxx



(xxx)

     Net Cash Flows from financing activities


xxx
 Net Increasing (nrt decreasing) in cash

xxx
Cash Balance, Jan 1St 200X                                                                       

xxx
Cash Balance, Dec 31th200X

xxx
PT “XYZ”

Cashfows Statement

For the year ended Dec 31th 200X

 
Bentuk Cashflow Statement dengan Indirect Method
.


Cash flowsfrom operating activities:                                                                        


     Net Income:

xxx
     Adjustment:


     Depreciation expense                                                              
xxx

     Decrease of merchandise inventory                                       
xxx

     Increase in account payable                                                                                                                                                  
xxx

     Gain on sale of fixed assets                                                    
(xxx)

     Increase in account receivable                                               
(xxx)

     Increase in prepaid  expense                                                 
(xxx)

     Decreasein  salary payable                                                   
(xxx)

     Decreasein accrued liabilities                                                
(xxx)



(xxx)
     Net Cash Flows from operating activities

xxx
Cash flows from investing activities:                                                                        


     Cash in flowss:


     Receipts froms sale of fixed assets                                            xxx



xxx

     Cash out flows:


     Payment to purchae  fixed asset                                                xxx


     Acquisition on other compay                                                     xxx


Capital Expenditure                                                                   xxx



(xxx)

     Net Cash Flows from investing activities

xxx
Cash flows from fianancing activities:                                                                         


     Cash in flowss:


     Receipts froms issuance of commont stock                               xxx


     Receipts froms issuance of longterm debt                                 xxx                         



xxx

     Cash out flows:


     Payment longterm Debt                                                             xxx


     Payment of Dividendsy                                                              xxx



(xxx)

     Net Cash Flows from financing activities


xxx
 Net Increasing (nrt decreasing) in cash

xxx
Cash Balance, Jan 1St 200X                                                                       

xxx
Cash Balance, Dec 31th200X

xxx

5.      Hubungan antar Laporan Keuangan
Antara laporan keuangan sesungguhnya mempunyai hubungan yang sangat erat , untuk lebih jelasnya akan diuraikan dibawah ini:
a.      Hubungan balance sheet dengan changes of capital statement terlihat pada account “Capital” yang nilainya harus sama di kedua jenis laporan tersebut.
b.      Hubungan antara balance sheet dengan changes of retained earningl statement terlihat pada account “Retained Earnings” yang nilainya harus sama di kedua jenis laporan tersebut.
c.       Hubungan antara balance sheet dengan cashflows statement terlihat pada account “Cash” yang nilainya harus sama di kedua jenis laporan tersebut.
d.      Hubungan antara changes of capital statement dengan income statement terlihat pada account “Net income” atau “Net Losses” yang nilainya harus sama di kedua jenis laporan tersebut.
e.       Hubungan antara changes of retained earning statement dengan income statement terlihat pada account “Net income” atau “Net Losses” yang nilainya harus sama di kedua jenis laporan tersebut.
Dengan eratnya hubungan tersebut, maka bukanlah hal yang mudah bagi manajemen dalam merekayasa nilai laporan keuangan tanpa mempertimbangkan hubungan masing-masing account yang ada di dalamnya.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "LAPORAN KEUANGAN (FINANCIAL STATEMENT)"

Posting Komentar