KERTAS KERJA (WORKSHEET)

1.      Pengertian kertas kerja (worksheet)
Setelah disusun trial balance dan dibuat adjustment entries, langkah selanjutnya adalah menyusun laporan keuangan (financial statement). Dalam rangka mempermudah proses penyusunan financial statement biasanya digunakan sebuah kertas kerja yang disebut dengan worksheet. Dengan worksheet kita dapat langsung melihat perubahan terhadap account trial balance yang talah disesuaikan (adjusted trial balance). Selanjutnya, dapat dipisahkan mana account –account untuk income statement dan mana account-account untuk balance sheet. Sehingga proes penyusunan financial statement lebih nudah dilakukan.

2.      Bentuk kertas kerja (worksheet)
Worksheet merupakan sebuah kertas kerja, terdiri dari beberapa kolom. Yang dapat disajikan dalam 2 (dua) bentuk yaitu:
a.       Worksheet bentuk 8 (delapan) kolom, atau
b.      Worksheet bentuk 10 (sepuluh) kolom

Worksheet bentuk 8 (delapan) kolom
 ACCOUNT NO.

ACCOUNT NAME
TRIAL BALANCE
ADJUTMENT
INCOME STATEMENT
BALANCE SHEET
D
C
D
C
D
C
D
C

















































































Worksheet bentuk 10 (sepuluh) kolom
ACCOUNT NO.

ACCOUNT NAME
TRIAL BALANCE
ADJUTMENT
ADJUSTED TRIAL BALANCE
INCOME STATEMENT
BALANCE SHEET
D
C
D
C
D
C
D
C
D
C








































































































  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "KERTAS KERJA (WORKSHEET)"

Posting Komentar